Lele Ikan Paling Kotor, Satu Suap Mengandung Tiga Ribu Sel Kanker

Siapa yang tidak tahu dengan lele, ikan yang satu ini merupakan favorit bagi banyak orang karena memiliki rasa yang enak dan memiliki tekstur daging yang lembut, namun ternyata lele ikan paling kotor, satu suap mengandung tiga ribu sel kanker. Benarkah itu?

Lele Ikan Paling Kotor, Satu Suap mengandung Tiga Ribu Sel Kanker, Inilah Penjelasannya
Lele merupakan salah satu menu makanan favorit dan bahkan di setiap warung makan selalu tersedia menu ini karena harganya yang cukup murah dan enak dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan yang satu ini. Meskipun enak dan murah, Lele ikan paling kotor diantara jenis ikan lainnya yang sering dikonsumsi oleh manusia. Mengapa demikian? berikut penjelasannya:

Lele Ikan Paling Kotor, Satu Suap Mengandung Tiga Ribu Sel Kanker

1. Kolam lele sangat kotor dan dikelilingi oleh kandang ayam dan babi
Menurut seorang peternak lele dari Tiongkok bernama Zhang Ri-hong mengaku bahwa dirinya telah memasok banyak lele ke pasar-pasar dan rumah makan dipinggir jalan di provinsi Hainan tepatnya di Haikou yang dipanennya 3 bulan sekali.

Karena banyak keluhan dari masyarakat maka wartawan menelusuri tentang ikan tersebut dari departemen perikanan dan kelautan setempat. Para wartawan mengambil sampel tambak dari 7 kolam yang menampung lele tersebut. Ketujuh tambak tersebut dikelilingi oleh kandang ayam dan babi, sedangkan di tengah tambak tersebut terdapat banyak tumpukan sampah. Para peternak ikan tersebut dihimbau menangguhkan penjualan ikan mereka sebelum hasil tesnya keluar.

2. Lele adalah ikan yang mengkonsumsi limbah
Lele merupakan jenis ikan yang mudah berkembang biak di tempat-tempat yang kotor karena ikan ini mengkonsumsi limbah berupa kotoran hewan seperti ayam, sapi, dan babi, bahkan ikan ini juga dapat mengkonsumsi kotoran manusia. Sehingga dapat dimungkinkan bahwa dalam tubuh ikan lele mengandung tiga ribu sel kanker yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Itulah beberapa informasi tentang ikan lele yang berada di Tiongkok, namun di Indonesia ikan ini telah dibudidayakan dengan baik oleh para peternak ikan lele dan mereka menggunakan pellet sebagai makanannya bukan menggunakan limbah yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Sehingga mengkonsumsi ikan lele di Indonesia tidak perlu diragukan kebersihannya, namun sebagai konsumen yang bijak kita harus tetap waspada dengan kandungan ikan ini dan tidak perlu mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar secara rutin karena dapat mengganggu kesehatan kita.

Terlepas dari semua itu, adakah manfaat sehat lele? ternyata ikan yang satu ini selain enak juga mengandung beberapa zat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. 

Berikut adalah 4 manfaat dalam ikan lele:

1. Menyehatkan jantung dan otak
Ikan lele mengandung omega-3 dan omega-6 yang biasa terkandung dalam ikan-ikan mahal seperti ikan kod dan ikan salmon. Kandungan omega-3 dan omega-6 dapat membantu aktivitas kesehatan jantung dan otak, dan ternyata dalam seporsi ikan lele mengandung 220 mg omega-3 dan 875 mg omega-6.

2. Mengandung protein dengan kualitas yang baik
Dalam seporsi ikan lele mengandung 15,6 gram protein yang sangat bermanfaat dalam pembentukan jaringan otot dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Mengandung vitamin B-12
Seporsi ikan lele mengandung vitamin B-12 yaitu sekitar 40% kebutuhan dalam tubuh. Vitamin ini berguna dalam membantu menguraikan makanan menjadi energi bagi tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi makanan ini dapat menjadikan tubuh lebih kuat.

4. Mengandung DHA
Bagi ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan lele karena ikan ini mengandung DHA yang baik untuk pembentukan saraf bayi dan juga ikan ini memiliki kandungan mercury yang sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa informasi seputar lele ikan paling kotor, satu suap mengandung tiga ribu sel kanker, namun ternyata ikan ini juga memiliki nilai gizi yang tinggi jika dibudidayakan dengan baik.
92 Komentar untuk "Lele Ikan Paling Kotor, Satu Suap Mengandung Tiga Ribu Sel Kanker "

berarti tergantung dimana ikan lele di bididayakan

Takajuik lo ambo ma admin, sesuatu nan balabih labihan yo mengundang panyakik ma sanak

untung ane kagak suka ikan lele. tapi makan ikan laut kadang juga tdk aman karena sudah dikasi es yg mengandung bahan pengawet... klu mau aman tinggal ditepi pantai dan mancing sendiri dilaut, tuing tuing tuing

Tergantung pemeliharaanya juga sih kalo di Indonesia

itu kata kuncinya "JIKA DI BUDI DAYAKAN DENGAN BAIK"

hmm mungkin untuk seputar masalah kesehatan bisa di bubuhkan referensi misal dari jurnal dan sejenisnya...

Gue kira beneran -_- ya kalo dibudidayakan secara benar ya normal dong

Itu di Cina brooo,, Kasian para petani lele Indonesia disamakan dengan Cina. Kita pake pakan kualitas unggul, kalo gak pernah ternak lele gak usahlah pake nulis artikel beginian. Emang sudah survey dan penelitian kolam2 lele di indonesia kyak gimana? Mana referensinya? Jurnal? Skripsi? Tesis? Disertasi?

Tak ada yg aman sebelum di makan. Setelah makan aman

Artikel ini bisa membuat pembaca salah pengertian, terutama buat pembaca yang kurang teliti dan hanya membac judul...

Itu judul artikel seharusnya " IKAN LELE di . . . . MENGANDUNG 3000 SEL KANKER " karena skrg budidaya lele di kita jauh lebih maju dan bersih bahkan air dari kolam lele itu bisa di jadikan sbg pupuk organik tuk semua jenis tanaman

Kalo gitu pelihara lele sendiri aja deh

Ini sih biasa aja boss...Sapi pun kl dgmbalakan d tmpukn smpah dagingnya brkarsinogen dan brbhaya kl dknsmsi.brlaku jg untuk semua hewan knsumsi kl dkmbangbiakan baik ya aman2 wae

WOY,,,, ABIS BACA INI.. GUA GA MAU MAKAN IKAN LELE...

Jeuh kirain.... Lele tuh bagus masbro....

Itu yg jd sampel kan cina, negara yg gk punya pedoman halal dan haram. Kl di indonesia kan tidak sprt itu. Jd jangan dianggap ssma semua

Ndeh tasirok jantuang ambo admin...elok2 se lh buek berita...takajuik ambo....baturan ambo makan lele ko ha...

Le le le le. Siapa yang mau beli di jamin panjang umur.

Loh kan diartikel tulis klo dr indonesia masih aman krn dibudidayakan dgn baik (mungkin ada jg yg nakal tpi persentaseny gak seperti di cina sana). Yg harusny di kritik tuh judul ny bos....isi beritanya mah oke oke saja :)

Klo semua bahan makanan kita ada bibit penyakitnya trus kita makan apa donk ???

Judulnya BENERIN TUH!!!! Ngaco lu min

Masalahnya adalah, sering orang malas membaca isinya, hanya mengambil kesimpulan dari judul berita saja.

Lele pemakan segala... bahkan temen sendiri dimakannya.. kanibal...

Mantap.... jadi terinspirasi dengan judulnya. Liat komeng2 diatas ane. Judul artikel kaya gini seru buat digodok untuk pembaca indo. Lanjut makan pecel lele dulu.. hehe

Lele apa yg demen abisin pulsa ..????. Hayyyooo

Yups, kebanyakan orang malas baca isinya, tapi udah ambil kesimpulan dan komentar cuma dari baca judulnya.....ciri ciri kebodohan

makanya pada belajar ilmu jurnalistik, kalo judulnya ga heboh mana ada yang mau baca. mikir!

ikan laut dipasar menggunakan formalin.penangkapannya pake racun.jadi tidak ada yg steril kl proses hulu sampai hilir(setelah masak)bukan kita sendiri

Ini maaf wartawannya tidak update perkembangan. Wartawan jadul. e

Di Indinesia sudah berkembang teknologi budidaya lele, yg disebut Biofloc technology. Pusat nya di Farm Biofloc-165 Depok Jawa Barat. Anda bisa kunjungi wesitenya: www.biofloc165.com. teknologi bersih, ramah lingkungan, tidak bau, padat tebar, hemat air, hemat lahani

Sebenarnya ikan ini sangat tidak aman untuk dikomsumsi. Mau dipelihara dimana aja, dengan proses yg bagaimana saja ikan ini tetap tidak aman dikomsumsi. Telah dilakukan uji klinis terhadap semua ikan yang boleh masuk pasaran Amerika. Dari beberapa ikan yang dilarang masuk pasaran Amerika adalah IKAN LELE. Ditemukan dalam tubuh ikan lele terdapat 27jt virus yang tidak aman untuk dikomsumsi manusia. Batas maksimal virus ikan adalah 10jt.

Di Alkitab pun, jenis ikan ini tidak disarankan dimakan (walaupun tidak secara spesifik disebutkan) tetapi jelas, ikan yang tidak bersisik tidak boleh dikomsumsi. Salah satu ikan yang tidak bersisik adalah IKAN LELE. Diteliti berdasarkan logika atau pengamatan semata, sisik ikan merupakan salah satu alat penangkan ikan untuk menolak atau menangkal kotoran masuk tubuh. Contohnya ikan mas dengan sisik yang cukup tebal. Bayangkan dengan IKAN LELE tidak ada sisik untuk menangkal kotoran.

Mari buka wawasan kita terkait dengan makanan yang sehat dan aman untuk dikomsumsi. Bukan soal halal atau tidak halal, enak atau tidak enak tapi yang terutama adalah masalah kesehatan kita.

Smoga bermanfaat.

Berbahaya tapi bermanfaat banyak mana tuh bahaya apa manfaatnya ?

yang mau pesen lele.. INBOX gan... ane jual lele Indonesia.. di jamin sehat dan halal....

menurut saya judulnya yang kurang tepat hanya menampilkan sisi buruknya saja

Ini yang bikin artikel gimana sih? Jgn bikin judul yh misleading dong mengingat mayoritas org2 sini asal baca judul tanpa baca isi (sampai selesai) lalu sebar sembarangan. Kasihan petani dan pedagang lele kalau sampai dagangannya terpengaruh.

Bisa tolong link info lele ditolak US, mbak? Saya cari tdk ketemu.
Setahu saya di US jg ada lele / catfish.
Dugaan saya kl lele Indonesia ditolak krn sdh dlm bentuk olahan (keripik / abon) yg tdk memenuhi standar kesehatan (higenis) US.
Benar begitu?

Mana jurnal penelitian dari Amerikanya? Itu penelitian bikin sendiri ya?

Woy..itu pelihara lele nya di dekat kandang babi..kalau di pelihara di lingkungan yang sehat. Ya aman lah..baca dan pahami bos

hahaha kirain apa... saya soalnya pelihara lele

HAHAHA... malas baca nih orang.

kadang terlalu berlebihan,bukankah sel kanker adalah sel yg ada di tubuh manusia tapi perkembangannya tak terkendali. atau kita sering bangga dgn makanan yg katanya bebas zat kimia. padahal tiap hari kita masukin zat kimia kedalam mulut. ( lu kira odol dibikinnya dari terigu ?, lipstik dari kunyit atau cabe merah ? ) . lebay lu..

klo peliharanya di septic tank gw gimana? dah gw jualin nih ke pasar...

liat nat geo atau animal planet disana dipancing dan dikonsumsi LELE(catfish), terus referensi nya dari mana ya? bisa tolong dijelaskan?

Informasi yg membingungkan tapi okelah buat menambah kekhawatiran..

sebagai pecinta lele (goreng), saya merasa tersinggung dengan judul berita di atas :v

Seharusnya diberi judul "SATU SUAP IKAN LELE BERPOTENSI MENGANDUNG 3000 SEL KANKER"

Apapaun aklo sumbernya Alki*** banyak bohongnya. ikan lele punya lendir diseluruh kulitnya yang fungsinya untuk melindungi tubuhnya dari kotoran ataupun penyakit darai luar, Allah sudah mengatur semua, yang jelas haram dan berbahaya BABI, ANJING dan teman2nya aja masih konsumsi...

Memang benar itu... Saya di pasaman barat. Sumbar. Ada juga yg ternak lele ksh makan bangkai babi. Ayam. Ikan dan bahkan anjing. Rata 2 itu bekas tertabrak di jalan. Babi hutan di sini khususnya di daerah kadang2 ada yg tiba2 nyelonong ke jln terus ter tabrak. Saya sendiri pernah mengalami. Di Payakumbuh ada kolam lele yg di atas nya dibuat WC jadi kotoran manusia lgsung jatuh ke bawah n dimakan lele. Saya liat sendiri. Sejak itu saya gak pernah lagi deh makan lele. Ragu2 deh makan nya. Mending ikan yg lain. I

Lele kan termasuk ikan pemakan segalanya. Bisa hidup di air dan di darat. Tidak heran kalau lele menyukai semua jenis makanan..

kalo ngomong pake otak mba.. jangan asal semau mulutnya sendiri

Wajar saja sang jurnalis menulis artikel ini. Ini kan website yg sering di promosikan di salah satu stasiun televisi yang terkenal dengan "memang beda".

Hehe logika nya aja bro, daging babi lebih mahal di bandingkan ikan lele

Wah udah bawa agama juga nih orang. Kacaau

Lele yang di pelihara dalam limbah raksa beda sama lele yang di pelihara dan di kasi makan butiran. Moga admin tidak kena dampak negatif cara menyampaikan info,, ntar sakit bener akibatnya,,

Sing oramutu yo komen awakmu.

Budayakan membaca bos

Ondeh uni ambo ... jan tasirok mode tu bana, bisuak ko pasan se lele di tampek ambo ..dijamin aman karna alah bacuci jo rinso

http://www.pokerpelangi.com/?ref=ANDILIU1980

Aman Dan Terpercaya.
Minimal Deposit 20Ribu.
Fair Play 100%.
Player VS Player.
Tanpa Bot 100%.
Bonus Rollingan 0.2% Setiap Minggu.
4 Games Dalam 1 User ID.
Poker | Domino | Capsa Susun | Adu QQ

apakah ada bukti yang valid mengenai berita ini, kalau memang iya tolong sertakan hasil uji laboratorium dan hasil dari pakar yang benar" valid dan dapat di pertanggung jawabkan keabsahan dari pernyataanya . jika tidak mohon jangan menyebarkan berita yang akan membuat warga resah tanpa adanya bukti yang valid.

saya pembudidaya ikan lele sekaligus penyetor ikan lele .ikan lele yg sehat tergantung makanan yg diberikan saat dipelihara .APA YANG DI BUAT DAPAT HASIL YANG DIBUAT = jika di buat dari yg jelek hasilnya jelek .klo dibuat dari yg baik ya hasilnya baik .I LIKE LELE .Yogyakarta banyak lesehan dan warung makan atau resto yg menyajikan ikan lele.ayo datang ke jogja buat berwisata sekaligus makan lele khas jogja

bacuci bacaci bacusa badak bercula satu

bacuci bacaci bacusa badak bercula satu

Kalo aku memang gak suka n nggak pernah makan ikan lele.hidup tempe.

Ikan lele, Padahal ikan ini banyak skali yang suka loh. . mulai dari pecel lele hingga berbagai jenis masakan lainnnya yang berbahan dasar ikan lele. . Baru tau saya kalau ikan lele ini mengendung sel-sel kanker!!. . Memang Masuk Di Akal Sih Kelihatan kog kalau ikan lele memang sangat mudah berkembang biak di tempat yang kotor, klu di tempat yang bersih mana mungkin ikan lele dapat tumbuh dan berkembang biak secara baik. Terima kasih infonya admin artikelnya sangat bermanfaat.

untung aja saya gak suka makan Lele, karena yg saya biasa makan goreng lele dan pecel lele. Ayo, budayakan makanan yg bergizi dari hasil negeri sendiri : Ikan Lele

makasih infonya tapi tolong judulnya di ganti,judulnya membuat kesalah pahaman pembaca yg belum pahan atau pembaca yg tidak membaca secara keseluruhan.

Jadi ikan lele ini bagus atau tidak untuk kesehatan

Sbb aq juga udh punya lele sendiri

Kadang juga makan bangkai manusia yg tenggelam, ya tergantung juga pada pemeliharaannya, kalau higienis kenapa tidak

aman aman aja kalo udah aman, kalo ga aman brarti situasinya emang lagi ga aman, jadi cari aman aja

mungkin dia tinggal di cina makanya komen gitu hahahaha

Makan ikan membuat kita pintar drpda makan daging, apalagi lele dsb

Budidaya lah ikan lele secara benar dengan menggunakan sistem BOSTER!

Betul tuh bro, smua tergantung bagaimana budidayanya, soalnya saya baru aja tadi pagi panen lele dikolam saya sendiri & mendapatkan lele yg sebesar betis orang dewasa buat saya konsumsi sndiri & yg lainnya saya bagikan ke para tetangga, ajib kan tuh ! ^_^V Damai Itu Indah, kata KODAM.

lele itu hewan kanibal... hewan kanibal tidak disarankan ahli gizi untuk di konsumsi..

maklumlah, admin baru ditolak cintanya sama anak juragan lele

berarti kita harus benar-benar memperhatikan dalam meilih ikan lele ya gan

Kalo laper mah makan aja, orang gila aja gak kenapa napa makan apa aja hihi

Indonesia juga ada melihara ikan lele ditempat peternakan, tapi gak semuanya peternakan indonesia asal ternak dibawah kandang gitu, sipemilik juga ada maksudnya juga kan melihara ikan lele dibawah kandang, gak mungkin dibawah kandang meliharan ikan koki hihi. cuman pengakhirannya aja kurang baik abis dari kolam yang diatasnya kandang gitu, tapi banyak juga kok ternak ikan lele yang khusus buat dikonsumsi, kan gak semuanya juga ikan lele tinggal ditempat yang kurang baik. kalo dinegara lain mungkin kan cara hidup orang disana beda sama di indonesia. Jadi ya lebih baik kalo kita muslim mau makan atau apa dengan Bismillah atau noni dengan ber do'a. lebih baik kan hihi

Back To Top