Inilah Makna Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Seseorang seringkali bermimpi ketika mereka sedang tertidur pulas, namun ada sebagian dari orang-orang telah bermimpi bertemu dengan orang-orang terdekat mereka yang telah meninggal dunia dan ternyata ada makna mimpi bertemu orang yang sudah meninggal dunia. Mengapa kita bisa bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal? dan apa sajakah makna dibalik mimpi itu?

Inilah Makna Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal

Makna Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal, Apa Sajakah Itu?
Banyak orang yang menganggap mimpi hanyalah bunga tidur semata sehingga tidak ada makna didalamnya, namun ada sebagian orang yang percaya bahwa setiap mimpi memiliki makna dan bahkan sebagai pertanda adanya hal baik atau buruk. Salah satu mimpi yang dipercaya memiliki makna adalah mimpi bertemu dengan orang yang telah meninggal dunia. Berikut adalah maknanya:

1. Sebagai pertanda kerinduan
Arti mimpi bertemu orang yang sudah meninggal adalah sebagai pertanda bahwa orang itu sangat merindukan sosok yang telah meninggal tersebut seperti orang tua, saudara, dan teman. Setelah bermimpi maka tidak usah diambil pusing dan sebaiknya segera mendoakan orang yang telah meninggal dalam mimpi tersebut agar mendapat ketenangan dan jangan lupa sekali-kali mengunjungi makam mereka.

2. Pertanda adanya pesan dari almarhum
Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal berarti bahwa almarhum ingin menyampaikan pesan kepadanya karena semasa hidupnya masih ada urusan yang belum terselesaikan.

3. Pertanda akan mendapat pertolongan
Pendapat lainnya mengatakan bahwa bermimpi bertemu dengan orang telah meninggal dunia adalah pertanda akan mendapat pertolongan dari seseorang yang akan membereskan masalah yang dihadapi orang tersebut.

Namun, ketiga makna tersebut belum dapat dibuktikan kebenarannya dan hanya berkembang sebagai mitos yang dipercaya oleh banyak orang.

Selain mimpi bertemu dengan orang yang telah meninggal, bahkan ada pula mimpi bicara dengan orang meninggal. Menurut Primbon Jawa, mimpi itu juga mempunyai makna yang tersembunyi didalamnya yaitu sebagai pertanda bahwa semua yang diusahakan oleh orang tersebut akan sia-sia dan tidak berhasil. Namun sebagai makhluk yang beriman, sebaiknya tidak langsung percaya dengan pertanda tersebut karena makna yang terkandung dalam mimpi tersebut merupakan penafsiran dari manusia saja dan belum terbukti kebenarannya.

Mimpi tersebut dapat mendekati nilai kebenaran jika orang yang bermimpi berperilaku baik dan jujur dalam kehidupannya dan sebelum tidur selalu membersihkan diri terlebih dahulu dan mengambil air wudlu.

Selanjutnya adalah mimpi tentang anggota keluarga yang telah meninggal seperti kakek-nenek, ayah-ibu, dan adik-kakak. Menurut penelitian spiritual yang telah dilakukan, ternyata banyak orang yang memimpikan anggota keluarganya yang telah meninggal dikarenakan oleh alasan psikologis seperti kekhawatiran terhadap kehidupan almarhum di akhirat dan rasa bersalah yang ditimbulkan oleh kurangnya waktu kebersamaan dengan almarhum sewaktu masih hidup. Ada beberapa makna tentang mimpi bertemu dengan anggota keluarga yang sudah meninggal, diantaranya adalah:

1. Merindukan almarhum
Anggota keluarga seperti kakek-nenek, ayah-ibu, dan adik-kakak merupakan orang-orang yang sangat dekat dengan kehidupan seseorang, sehingga wajar bila orang yang telah ditinggal mati oleh keluarganya masih sangat merindukan sosok tersebut. Rasa rindu yang besar dapat memicu seseorang untuk memimpikan orang-orang yang telah meninggal tersebut sebagai obat kerinduan mereka.

2. Almarhum mengharapkan kiriman do’a
Makna lainnya adalah almarhum mengirimkan pesan kepada anggota keluarganya yang masih hidup untuk mengirimi mereka do’a agar mendapat ketenangan di akhirat. Sehingga sebaiknya setelah bermimpi hal tersebut langsung mendo’akan almarhum yang telah dimimpikan.

Itulah beberapa makna mimpi bertemu orang yang sudah meninggal yang telah dipercaya oleh sebagian besar orang dan telah berkembang di masyarakat luas.
48 Komentar untuk "Inilah Makna Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal"

Waktu saya hamil anak pertama, saya dimimpikan Uje 2 kali. Waktu itu Uje baru saja meninggal beberapa bulan. Sampai sekarang gak tau arti mimpi itu apa.
Terus saya juga pernah diceritakan temen kuliah saya, laki-laki. Dia dimimpiin tetangganya yang seorang uztad dan sudah meninggal. Dalam mimpinya, teman saya ini bertanya “Pak Uztad, bagaimana rasanya meninggal? Kemudian uztad itu menjawab “Rasanya sakit sekali.” Setelah itu teman saya terbangun. Dia tanya apa arti mimpinya. Saya hanya menjawab sekedarnya saja. 5/6 tahun kemudian saya mendapat kabar bahwa teman saya yang dimimpikan pak uztad tadi meninggal karena kecelakaan sepeda motor.

yg meninggal menunggu do'a kita yg msh hidup. that all.

baca artikel ini, gua jadi inget ame almarhum ayah. :'( rindu beraaaattttt sama almarhum.

Assalamualaikum, maaf saya hanya ingin menanyakan tentang mimpi saya sudah 2x bertemu orangtua saya yg meninggal di dalam mimpi itu orangtua saya meninggal lagi bertanda apa ya, jujur sampai saat ini saya msh merindukan almarhumah ibu saya yg udah 2thn meninggl dan bapk saya bru 1thn meninggal,

Berawal dr kerinduan kita pada almarhum dan terbawa sampai alam bawah sadar.akhirnya mimpi lah kita bertemu dengan almarhum.kalo menerut pendapat saya ada baiknya kita doa kan almarhum agar lebih tenang almarhum di sana dan mendapat tempat istimewa di sisiNya.amin

Ayahq mnggl 9 thn yg lalu. 1 bln prtma aq 3x d mimpiin mau d bwa ikut dgnx ga tau jg kmna malah yg t'akhir sdh d jmpt sma mobil putih tapi yg bikin aq ga ikut krn aq maux sma adikq yg bungsu. Itu artix apa...? Trus stlah bbrpa thn kmdian aq d mimpiin lagi dia blg klo dia sdh rindu skali pas aq bgn aq n nangis smpe ga bisa b'henti akhirx aq minta suamiq Utk ngantar k kuburan t'nyata smpe d sna kuburanx b'lubang. Mgkn itu maknax klo dia blg rindu Dlm mimpi agar qta ziarah dlu n mgkn ada sesuatu d makamx.

Orang tua minta kiriman fatihah&doa

Tertidur dan mimpikan ayah, ingin bertemu tapi x dijumpai, dibangunan yg tinggi tapi masih x dpt utk berjjmpa, terjaga lalu menangis dan membacakan doa "Bapa kami", saya seorang kristen...

Terima kasih kerana petunjuk disini dpt membantu...

Ngomong apa km tuh g jelas

Mimpi adalah kabar atau mengabarkan...kalau mimpi bagus datangnya dari ALLAH tp klo mimpi jelek datangnya dari syetan.

Mimpi bisa berarti kabar or mengabarkan...jika mimpi kita baik berarti datangnya dari ALLAH SWT n bila mimpi kita jelek datangnya dr syaiton...tapi apapun itu intinya kita hrs rajin berdoa n bisa mengambil hikmah baiknya n jgn bersu'udzon dengan ALLAH...sugestikan ke hal2 yg positif Insha ALLAH yg baik2 itu yg terjadi.

Saya pernah mimpi almrhm kekasi saya.7 hari kepergian nya dia minta di cium ppipi kabn dan kiri nya .dan strusnya saya mimpi lagi saya tenggelam di laut trus dia yg nolongi sampai saya di taruk k daratan dan saya selamat.setelah itu saya mengucapkan terimakasih dia hanya tersenyum saja tanpa berbicara..stelah itu dia pergi meninggalkan saya.. itu knp ya?

Sy mau berbagi crita tentang mimpi sy
Sy bermimpi pacar sy memakai kemeja yg sering dipakai buat kondangan oleh almarhum suami sy

Apakah da maknanya ato tidak, yg tau mhon coment balik

Mksih sebelumnyaaaaaa

Cuman mau tanya sy sdh 2x mimpi sdng nangis sekali tpi dlm mimpi sy tdk prnh liat sosok alm. Ayahku sejak meninggal pd bln 3.
Artinya apa yah?

Untung km gak ikut pas mau diajak pergi krn yg sy dgr klo dlm mimpi ada yg ajak trs serba putih (maaf) umurnya tdk lama.

sama td malem mimpi. jd kangen bgt ayah. belum bs gantiin posisi yg ditinggal beliau dg baik. belum bs meniru kebaikan2 yg beliau pernah ajarkan

Dulu pacar q meninggal. Aku srg mmpi tntg dia. Smpek skrg,walaupun aku udah menikah. Tapi di mimpi itu,pacar aq itu kembali n ngelamar aku,dia pgn aku nikah ma dia. Tapi aq tolak krna aku udh menikah. Aku jd bingung..mimpi nya ada2 aja

In sha Allah ada keturunan almarhum yg akan menikah

Mas kalau mimpi ini artinya apa mas.
Saya mimpi adik saya memanggil saya yang meninggal di dalam kandungan ibu saya.

Mas saya mimpi adik saya manggil saya,tapi dia meninggal dalam kandungan ibu saya

Barusan kebangun dan ketakutan krna semalem saya dimimpiin (entah itu siap) tp seperti bapak mertua saya yg barusan meninggal 2 minggu yang lalu.

Didlm mimpi saya di minta untuk menemani beliau saat sakit. Saya tidak mau dan beliau memaksa sampai menarik tangan saya. Tp saya terus tidak mau..

saya masih kepikira sampe skrng kira2 ada apa ya? Waktu di msh hidup kami pernah cekcok sih. Tp waktu beliau mau meninggal saya dalam hati sudah meminta maaf atas salah salah saya kepada beliau dan saya juga sudh memaafkan beliau.

Saya takut bapak mertua saya masih marah sama saya 😢. Makannya saya sampai dimimpiin seperti itu 😭

Dlm beberapa hari kemarin saya berturut2 sering mimpi bertemu dan berbicara dgn orang2 yg sudh meninggal trus pas hari berikutny pagi2 bangun tidur ternyata motor sya dimaling orang..

Kirimkanlah doa .. Dan insyallah mereka adalah roh yg tdk mengganggu hidup manusia

Pa artiy?..Mimpi almarhum ayah hidup kembali dengan senyum sumringah ada ibu juga .. dan sepertiny mngjak aku dn adik pulng kerumah ... Q skrg lgi drantau..

This comment has been removed by the author. - Hapus

Saya bermimpi bertemu mantan pacar yg sudah meninggal..dan dia seperti akan mengajak saya pergi..lalu dia pamit sama kedua orgtua saya..

Pacar saya mimpi mantan saya yg meninggal gmn tuh?

Di biasakan Berdoa sebelum tidur , agar mimpi itu datang dari allah bkn dari syetan..

emng bener artikel diatas, saya sering di mimpiin alm ayahku ketika q ketiduran dan lupa sholat, dy pasti sering datang seakan akan dy selalu ngingetin saya untuk suruh sholat,.... i miss you daddy

memang bener artikel di atas, saya sering bgt mimpi di datangin alm.ayahku ketika saya tertidur dan lupa akan menjalankan sholat seakan akan dy mengingatkan aku untuk segera sholat dan berdoa untuknya, bhagia bgt bisa melihat senyum almarhum meski cuma lewat mimpi, i miss u daddy

Saya barusan bermimpi, dalam mimpi saya, mama yg sudah meninggal, meninggal lagi dan dalam mimpi saya....rasa sakit wktu mama meninggal tiba tiba dulu terulang lagi, saya bahkan menangis saat bangun...entah apa artinya...tapi saya berdoa semoga mama dan papa saya bisa beristirahat dengan tenang, selain itu semoga saya dan adik adik saya yg semuanya ada di rantau saat ini tdk mengalami hal buruk. Jujur kami rindu, tapi dana belum terkumpul utk bisa pulang...itulah kenapa saya tiba tiba merasa sedih saat bermimpi hal itu

Saya pernah didatengin alm pacar saya sebelum dia meninggal, tanggal 10 September2015 skitarjam 3 pagi, saya denger waktu dia manggilin nama saya dari luar rumah saya, tapi saya gak yakin itu dia, karna dia saat itu dirumah sakit dirawat karna dia kecelakaan.saya buka pintu rumah saya,dan yang saya lihat gakada org sama sekali disana, paginya sekitar jam 7, saya dikasih kabar kalok dia udah gakada. Setelah 7 hari dia meninggal, saya dimimpiin dia min, dalam mimpi saya dia ngasih dua pucuk bunga mawar putih, dia nylipin bunga itu ketangan saya, abis diselepin dia cium tangan saya. gakberapa lama dia ngilang gaktau kemana. itu maksudnya apa ya min?

Assalamualaikum
Mw tanya nih, teman sy kn meninggal blm ad 40h, smnjk alm pergi ada prsaan pngen menikahi istriny skligus pnggnti bpk dr anakny.niat sy di smbut baik oleh istri alm. Dan wktu malam sy bermimpi istrinya alm di dtngi alm. Istrinya mngis dan mnt tolong, trs aq hmpiri dia dn mngjk tdr di rmh teteh sy. Blm kluar dr rmhnya ternyata alm udh d di dpn sedang duduk dg berpakaian rapi sontak sy kget.tpi sy tdk panik sy smperin dia dn mnjbat tanganya dan menanyakan kbrnya. Alhamdulilah dia mnjawab dg baik sambil tersenyum. Dlm mimpi itu alm pngn mngajak pergi istrinya tpi sy larang dn trs memaksa.kt sy udh lh km yg tenang disna jngn bw istrimu kshan biar lh sy yg menjaganya. Stlh itu dia brbcra km jangan pacran dlu saya blm ada 40h. Trs sya tanya km bs mnrmanya g klw sy sbgai pengganti km. Tpi alm g jawab apa dan pergi bgtu saja. Tolong komen nya y?

Sy serg mimipi alm adik sy yg setahun lalu meninggal.nah sy mimpi melihat dia menikah.dan dlm mimpi sy tdk tau adik sy sdh meninggal.sy hanya menangis takut kehilangan.kira2 apa maknanya ya?

Maaf, kl menurut sy didlm ajaran islam, istri yg ditinggal meninggal suami, msh ada masa iddah yaitu 4bulan 10hari, dan dilarang berhubungan dgn lelaki lain yg bukan muhrimnya dan jg selama masa iddah dilarang utk keluar rumah utk menghindari fitnah kecuali keperluan mendesak yg tdk bisa diwakilkan oleh orang lain, dan jg yg lebih penting masa iddah itu berfungsi utk menghapus jejak/sidik jari dr alm suaminya dan ini sdh dibuktikan oleh ilmuwan inggris yg sy lupa namanya, mgkn itu penjelasan dr saya, maaf kl ada kesalahan

Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, maaf kl menurut sy didlm islam istri yg ditinggal meninggal suami itu ada masa iddah selama 4bulan 10hari, dimana selama masa iddah istri dilarang berhubungan dgn lelaki yg bukan muhrimnya dan jg dilarang keluar rumah utk menghindari fitnah kecuali utk keperluan mendesak yg tdk bisa diwakilkan orang lain dan keluar rumah tdk boleh sendirian (ditemani keluarga), dan disamping itu masa iddah menghapus jejak/sidik jari alm suaminya yg ada ditubuh sang istri hal ini sdh dibuktikan oleh ilmuwan inggris yg sy lupa namanya, mgkn ini yg bisa sy jelaskan, maaf kl ada kesalahan

tadi di jalan, ayah saya cerita..belakangan ini sering memimpikan org yg menunggal..laki2 yg dimimpikannya..
ada yg tau artinya apa?
saya takut aja..smoga ayah saya panjang umur..amin..

Mas alaric, kuburan berlubang itu knp ??

Td malam saya bermimpi jam 00.30 ada yang mau berbuat jahat(guna-guna)kemudian saya di tolong oleh almarhum ayah saya...sdah 2 kali saya mimpi seperti itu..

sy juga pernah mimpi ketemu almarhum p ramlee , dia tengah senyum dan beborak dengan sy :)

Sama maz, saya kalau hidupnya lagi ga beres, shalat bolong2, sering mimpiin, mungkin pengingat supaya kita rajin shalat dan mendoakan almarhum.

Itu mungkin karena kangen hehehe

Saya mimpi minta baju sama almarhum suami saya
Kira kira atinya apa ya...

Kalau saya mimpi minta baju almarhum suami saya
Kira kira artinya apa ya...

Back To Top